Entri Populer

Rabu, 08 Agustus 2012

Sejarah Peristiwa Penting di Bulan Ramadhan



alhikmah-online | Bukan tanpa alasan artikel ini berjudul “Islam dan Indonesia Merdeka serta Bulan Ramadhan”, semua dikarenakan betapa istimewanya Islam dan Indonesia serta kejadian pada Bulan Ramadhan yang Suci. Membahas tentang itu semua, bisa dimulai dari:

Turunnya Kitab Suci Para Nabi di Bulan Ramadhan:
  1. Taurat - Nabi Musa AS berbahasa Ibrani
  2. Zabur - Nabi Daud AS berbahasa Qibti
  3. Injil - Nabi Isa AS berbahasa Suryani
  4. Al-Quran - Nabi Muhammad SAW berbahasa Arab
Pahlawan Muslim yang Berjuang untuk Kemerdekaan Bangsa Indonesia:
  1. Cut Nyak Dhien
  2. Cut Nyak Meutia
  3. Kapiten Pattimura
  4. Kyai Haji Ahmad Dahlan
  5. Laksamana Keumalahayati
  6. Pangeran Diponegoro
  7. Panglima Polem
  8. Sultan Agung Prabu Hanyokrokusumo
  9. Sultan Agung Tirtayasa
  10. Sultan Hasanuddin
  11. Sultan Iskandar Muda
  12. Sultan Mahmud Badaruddin II
  13. Teuku Chik Ditiro
  14. Teuku Umar
  15. Tuanku Imam Bonjol
  16. dan ada lebih dari 126 Pahlawan Nasional lainnya menurut Wikipedia
Beberapa Peristiwa Penting yang Terjadi pada Bulan Ramadhan:
  1. Hancurnya berhala-berhala, seperti Latta, Uzza, dan Mana’at milik Kaum Kafir Quraisy.
  2. Ramadhan 2 H - pada hari ini Kaum Muslimin dibawah pimpinan Nabi Muhammad SAW berhasil mengalahkan pihak Musyrikin dalam Perang Badar.
  3. Ramadhan 8 H - Rosulullah SAW keluar bersama 10 ribu pasukan Perang dari Kaum Muhajirin dan Anshor menuju Makkah untuk membebaskannya dari kemusyrikan.
  4. Ramadhan 223 H - Sultan Al Mu’tasim seorang Khalifah ‘Abasiyah mengadakan pengepungan terhadap Kota ‘Umuriyah’ yang merupakan benteng pertahan terkuat kerajaan Benzantiniyyah di Asia.
  5. Ramadhan 361 H - Atas perintah Khalifah Fatimi Panglima Jauhar Ash Shiqili meletakan pondasi pertama pendirian Jami’ (Masjid) Al Azhar - Mesir.
  6. Ramadhan 587 H - Penghancuran dan penguasaan Kota ‘Asqolan yang merupakan pintu masuk menuju Kota Al Quds.
  7. Ramadhan 666 H - Pemerintahan Anthokiah didirikan oleh Pangeran Wormandi Buwaihimund pada tahun 491 H. Kota ini merupakan Kota termegah dengan dikelilingi benteng yang sangat kuat dijaga oleh ribuan pasukan secara bergiliran siang dan malam, walaupun kondisinya demikian Kaum Muslimin berhasil menaklukan daerah ini dengan izin Allah SWT dibawah Panglima Perang Dhohir Bibris.
  8. Ramadhan 732 H - Lahirnya seorang Ulama besar yaitu Abdurrahman bin Muhammad bin Khaldun atau dikenal dengan nama Ibnu Khaldun.
  9. Ramadhan 825 H - Sultan Murad II dari Khalifahan Utsmaniyah mengadakan pengepungan Kota Qostantiniyah dalam rangka menaklukan dan memasukannya dalam Naungan Islam.
  10. Ramadhan 1393 H - Tentara Mesir mampu menembus terusan Suez dan menghancurkan Benteng Berlif serta menghancurkan kekuatan tentara Israel.
  11. Ramadhan 1393 H - Terjadi serangan mendadak terhadap kekuatan Israel yang dilakukan oleh satu pasukan berani mati Palestina di Ramallah yang menyebabkan kerusakan dan kerugian dipihak Israel.
  12. Indonesia Merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 M - 8 Ramadhan 1364 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar