Entri Populer

Jumat, 17 Februari 2012

SELIMUTKAN DEBU

فَرْشِى طُرَابْ
فَرْشِى طُرَابْ يَضـُمُّنِى وَهُوَ غِطَائِ     حَوْلِ الرِّمـَالِ تَلْفُنِى بَلْ مِنْ وَرَائِ
وَاللَّحْدُ يَحْكِى ظُلْمـةً فِيْهـاَ ابْتِلاَءِ  وَالنُّوْرُ خَطَّ كِتَبَا بَهُ اُنْسِى لِقَــاَءِ
وَالاَهْلُ اَيْنْ نَحْنَاهُـمْ بَاَعُوا وَفَائِ  وَالصَّحْبُ اَيْنْ نَجْمُوْ عُهُمْ تَرْكُوْا اِخَـائِ
وَالمَالُ اَيْنَ هَنَـاَئُهُ صَارَى وَرَائِ  وَالاِسْـمُ اَيْنَ بَرِيْقَـهُ بَيْنَ الثَّناَئِ
هَدِى نِهَـايَةُ حَـالِى
وَالحُبُّ وَدَعَ شَوْ قَهُ وَبْكَى رِثَائِ  وَالدَّمْعُ جَفَّ مَسِيْرُهُ بَعْدَ البُكَائِ
وَالْكَوِنُ ضَـاَقَ بِوُسْعِهِ ضَـاَقَتْ فَضـاَئِ
فَاللَّحْدُ صـاَرى بِجُثََّتِى اَرْضِى سَمَائِ
هَدِى نِهَـايَةُ حَـالِى
وَالحَوق يَمْـلأُ غُرْبَتِى وَالخُزْنُ دَائِ اَرجُوْ الثَّبَاتَ وَاِنَّهُ قَسَماً دَوَائِ
وَالرَّبَ اَدْعُوْ مُخْلِصـاً اًنْتَ رَجَـائِ
اَبْغِى اِلَهِى جَنَّةً فِيْهـاَ هَنَـائِ
Aku Berselimutkan Debu
debu di tempat tidurku telah memeluk aku dan itu adalah menutupi saya
di sekitarku adalah pasir yang membungkusku bahkan dari atas dan di atas
dan sekarang liang lahad kegelapan yang di dalamnya adalah isolasi
dan bimbingan itu dijelaskan dalam bukunya
(tapi) Saya lupa pertemuan saya (dengan dia)
keluarga, dimana? dimana simpati mereka
mereka menjual kesetiaan saya
dan para sahabat, dimana?dimana persahabatan mereka
mereka melepaskan persaudaraan denganku
sebuah kekayaan, di mana bersukacita? itu semua tertinggal
dan dimana "nama" (reputasi). mana yang kilau (bersinar) antara lipatan
ini adalah saya, finalitas negara saya
mencintai shuns kesenangan, duka cita saya meratap
air mata murtad setelah menangis
  alam semesta itu dibatasi dalam bentangan dan itu adalah ruang saya
maka kuburan menjadi bumi saya dan langit saya
ini adalah saya, finalitas negara saya
dan ketakutan saya mengisi kesedihan
kesedihan menjadi penyakitku
Saya berharap dan tegas dalam akta itu adalah obat yang diakui
Wahai Tuhanku, aku panjatkan doa dengan penuh harapan dan keikhlasan 
Saya berharap  "Jannah" TuhanKU
  yang di dalamnya adalah kebahagiaan
Wahai Tuhanku, aku panjatkan doa dengan penuh harapan dan keikhlasan 
                                                        Saya berharap  "Jannah" TuhanKU                                                                                                             yang di dalamnya adalah kebahagiaa


عَنْ أَبِي ذَرّ جُنْدُبْ بْنِ جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذ بْن جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ “
[رواه الترمذي وقال حديث حسن وفي بعض النسخ حسن صحيح]
Terjemah hadits / ترجمة الحديث :
Dari Abu Zar, Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman, Mu’az bin Jabal radhiallahuanhuma dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam beliau bersabda : Bertakwalah kepada Allah dimana saja kamu berada, iringilah keburukan dengan kebaikan niscaya menghapusnya dan pergauilah manusia dengan akhlak yang baik “
(Riwayat Turmuzi, dia berkata haditsnya hasan, pada sebagian cetakan dikatakan hasan shahih).
Pelajaran yang terdapat dalam hadits / الفوائد من الحديث :
1.     Takwa kepada Allah merupakan kewajiban setiap muslim dan dia merupakan asas diterimanya amal shalih.
2.     Bersegera melakukan ketaatan setelah keburukan secara langsung, karena kebaikan akan menghapus keburukan.
3.     Bersungguh-sungguh menghias diri dengan akhlak mulia.
4.     Menjaga pergaulan yang baik merupakan kunci kesuksesan, kebahagiaan dan ketenangan di dunia dan akhirat. Hal tersebut dapat menghilangkan dampak negatif pergaulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar